Tips Bisnis Kedai Kopi Modal Kecil Untung Besar

1 min read

Tips Bisnis Kedai Kopi

Tips Bisnis Kedai Kopi – Seiring perkembangan zaman, bisnis Kedai Kopi kekinian tengah menjamur dikalangan masyarakat Indonesia.
Mulai dari kalangan remaja yang suka nongkrong, pekerja kantoran, buruh,dan karyawan biasa pun suka minum kopi sambil mengobrolkan urusan mereka. Meski konsumsinya terbilang rendah, membuka kedai kopi masih menjanjikan kok, apalagi di perkotaan. Kopi sudah menjadi gaya hidup bagi penikmatnya, jadi ada potensi besar untuk mendapatkan keuntungan.

Melihat hasil riset, tercatat pada 2016 jumlah gerai kopi di Tanah Air hanya sekitar 1.000 kedai. Namun pada Agustus 2019, jumlahnya sudah berlipat hingga 2.950 kedai. Riset itu juga memperkirakan , nilai pasar kedai kopi di Indonesia berhasil menyentuh angka Rp4,8 triliun. Diprediksi, angka tersebut bakal meningkat 30% tahun ini.

Tips Bisnis Kedai Kopi

Tips Bisnis Kedai Kopi Modal Kecil Untung Besar

Tingginya permintaan kopi kekinian membuat bisnis ini semakin banyak diminati. Banyak pebisnis muda yang mengincar untuk dijadikan salah satu usaha mereka, karena keuntungan yang didapat dari bisnis ini lumayan besar.

Khusus modal yang perlu dipersiapkan untuk membangun satu kedai kopi bervaritif, mulai dari Rp5 juta–Rp250 juta tergantung konsep. Untuk kedai kopi dengan konsep street bar dan metode serba manual, modal yang dibutuhkan sekitar Rp15 juta–Rp60 juta. Kemudian, untuk kedai kopi dengan konsep kedai dan kekinian, modalnya sekitar Rp150 juta.

Terakhir, modal konsep coffee to go bisa dimulai dari Rp5 juta tanpa kedai dan penjualan online. Bisa juga bermodal Rp250 juta dengan konsep yang lebih besar. Hal ini merupakan masalah bagi pemula yang bermodal kecil.

Tenang saja, saya akan membagikan tips untuk anda yang ingin berbisnis kedai kopi yang kekinian ini. Simak baik-baik per tahapannya ya.

Target Konsumen

Anda harus memikirkan matang – matang siapa target anda. Siapakah yang akan menjadi konsumen utama bisni anda ini. Memahami konsumen anda, berapa peghasilannya, kalangan apakah mereka? Mahasiswa, buruh, pekerja kantoran atau para pecinta kopi?

Lokasi Bisnis Kopi

Anda harus tau dimana lokasi yang paling strategis untuk memulai bisni ini. Misalnya anda ingin membuka kedai kopi sederhana, anda harus mencari lokasi yang sering berdekatan dengan orang-orang ramai.

Rancangan Bisnis

Konsep untuk awali bisnis kopi sangat diperlukan sebagai landasan perjalanan bisnis kopi yang nantinya akan anda jalani. Dengan memiliki konsep yang kuat, maka anda akan lebih mudah dalam mengelola bisnis kopi ini. Rasa kopi yang nikmat memang sangat melekat pada diri masyarakat Indonesia, anda pun juga harus merancang tatanan bisnis kopi ini dalam segala hal.

Tips Bisnis Kedai Kopi

Konsep Kedai Kopi

Salah satu cara agar bisa bersaing di pasar adalah beradu konsep. Sebelum membuka kedai kopi, perlu dipikirkan terlebih dahulu konsep nya seperti cafe atau kedai sederhana.

Konsep Tambahan

Tidak ada salahnya bila anda memiliki konsep tambahan untuk menjalankan bisnis kopi anda. Misalnya saja dengan menambahkan beberapa menu hidangan yang cukup untuk membantu menjadi teman sambil menyeduh kopi. Dengan begitu, pelanggan akan semakin dimanjakan menggunakan hal yang sederhana.

Strategi Pemasaran

Anda dapat menggunakan cara pemasaran secara online maupun offline. Faktor mengapa bisnis kopi kekinian menjamur antara lain karena peran media sosial sebagai strategi marketing dan promosi, serta kehadiran platform ride-hailing seperti GoFood dan GrabFood.

Itulah beberapa tips untuk anda yang ingin memulai bisnis kedai kopi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Hubungi nomor whatsapp kami untuk info bisnis lainnya. Terimakasih

Bisnis Online Menguntungkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat